Jumat, 17 Oktober 2014

Idul Adha, Kenapa Kita Tidak Bersatu?



Umat islam Indonesia kembali merayakan Idul Adha 1435 yang jatuh pada hari minggu 5 oktober 2014. Namun, sebagian yang lain lebih dulu merayakan pada hari sabtu yang mengikuti keputusan salah satu organisasi islam. Mereka yang merayakan Idul Adha hari sabtu berdasarkan wukuf di Arafah hari jum’at 9 Dzulhijjah sebagaimana diputuskan oleh Arab Saudi. Sedangkan, yang mengikuti keputusan Pemerintah Indonesia beralasan wukuf di Arafah bukan satu-satunya dasar untuk melaksanakan puasa arafah ataupun Shalat Idul Adha.

Dalam sebuah artikel disebutkan bahwa di Malaysia, seluruh penduduk mereka melaksanakan shalat hari raya hari minggu tanggal 5 oktober 2014. Mereka tidak pernah terjadi perbedaan dalam penetapan awal Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah.

Kenapa kita cenderung menampakkan perbedaan disaat yang sama persatuan bisa diwujudkan. Mereka beralasan mengikuti Arab Saudi sedangkan salah satu ulama Arab Saudi Syeikh Al-Ustaimin rahimahullah berfatwa dalam Majmu Fatawa Ibnu Utsaimin yaitu: “Begitu juga bila ditetapkan hasil rukyat negara itu tertinggal dari Mekkah, sehingga tanggal 9 di Mekkah menjadi tanggal 8  di negara itu, maka penduduk negara itu puasanya pada tanggal 9 menurut negara itu, walaupun itu berarti sudah tanggal sudah tanggal 10 di Mekkah.”

Fatwa tersebut menunjukkan bahwa kita masih bisa mengikuti pemerintah dimana kita tinggal, tidak harus mengikuti keputusan Arab Saudi. Itu berarti kita masih berpeluang untuk merayakan Idul Adha di hari yang sama yaitu hari minggu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Laman

Mengenai Saya

Foto saya
Namaku Fadhlullah Yuza yang lahir di Beureunuen 28 april 1992. Aku memiliki beberapa nama panggilan. Aku bukanlah anak pintar dan juga bukan anak yang cemerlang. Aku bukanlah lelaki sempurna karena masih banyak kesalahan. Namun, aku sangat mengharapkan ada orang yang mau menunjukkan kesalahan dan memberikan solusi agar aku bisa memperbaiki kesalahan tersebut dan aku mencintai mereka yang mau berteman denganku setelah mengetahui siapa aku sebenarnya.

Pengikut

statistik